0
Penandatangan MOU PT. SMM oleh Bupati Beltim

Belitungku.com - Manggar- Humas Beltim, Untuk meningkatkan kemitraan, PT. Sahabat Mewah dan Makmur yang bergerak di bidang perkebunan sawit kembali menjalin kerjasama dengan dua koperasi di Kabupaten Belitung Timur.  Kedua koperasi tersebut adalah Koperasi Mitra Lestari Desa Dendang, Koperasi Mitra Anugrah Desa Simpang Tiga Kabupaten Belitung Timur (Beltim). Kerjasama yang dihadiri Bupati Beltim Basuri T. Purnama tersebut ditandai penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara pihak perusahaan dengan pengelola koperasi serta Pemkab Kabupaten Beltim di Desa Dendang dan Desa Simpang Tiga, Kabupaten Beltim, Kamis (30/10).

Dalam sambutannya, Basuri selaku Bupati Beltim sangat gembira telah terlaksananya MoU tersebut dan berharap peran koperasi terus eksis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan memberikan kontribusi terhadap peningkatan perekonomian daerah.

“Saya berterima kasih atas terjalinnya kerjasama yang baik ini karena inilah mitra yang saling membutuhkan demi mensejahterakan masyarakat,” kata Basuri dalam sambutannya di Balai Polmas Desa Simpang Tiga Kecamatan Simpang Renggiang Kabupaten Beltim.

Basuri juga mengatakan bahwa cita-citanya adalah membuat masyarakat Beltim lebih sejahtera. Upaya adanya kerjasama yang dilakukan ini merupakan salah satu wujud nyata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Cita-cita saya adalah membuat masyarakat sejahtera. Kenapa saya paksakan harus 100 persen plasma? Ini supaya kedepannya masyarakat Beltim mendapat penghasilan tambahan yang akan diturunkan kepada anak cucu nanti. Untuk itu dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk mewujudkannya,” jelas Basuri.

Sementara itu direktur PT SMM, Sucipto Maridjan mengatakan maksud kerjasama ini adalah untuk membangun, mengelola dan memelihara perkebunan kelapa sawit yang berada di lahan kebun mitra, dimana kebun mitra merupakan kebun yang dibangun diatas kebun milik anggota koperasi yang dikerjasamakan dengan pihak perusahaan. Kerjasama ini, kata Sucipto, merupakan komitmen perusahaan untuk mensejehterakan masyarakat petani.

“Mudah-mudahan upaya ini mendapatkan kemudahan dan kita dapat menikmati hasil yang baik. Inilah komitmen kami kepada masyarakat untuk membangun Beltim. mudah-mudahan apa yang kita lakukan bersama ini bisa meningkat dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” kata Sucipto.

Adapun MoU yang dilakukan perusahaan PT. SMM dengan koperasi Mitra Anugrah Desa Simpang Tiga tersebut, objek kerjasamanya meliputi pengembangan perkebunan, pengelolaan dan pemeliharaan perkebunan kelapa sawit dengan pola kemitraan melalui program revitalisasi perkebunan yang terletak di dusun Air Ruak Desa Simpang Tiga dengan luas kurang lebih 52 hektar dan beranggotakan 32 kepala keluarga. Sedangkan Mou yang dilakukan PT. SMM dengan Koperasi Mitra Lestari Desa Dendang, objek kerjasamanya terletak di Desa Dendang Kecamatan dendang dengan luas lahan kurang lebih 55 hektar dan beranggotakan 44 kepala keluarga. (VER) - BelitungTimurkab.go.id

Post a Comment Blogger

 
Top