0


BELITUNG --Instruksi Kapolri, Jendral Polisi Sutarman tentang segala bentuk aktifitas pertambangan tanpa dilengkapi perizinan dilingkungan Provinsi kepulauan Bangka Belitung(Babel)maka harus ditindak secara tegas oleh aparat Kepolisian

Mengingat kondisi lingkungan Bangka Belitung yang sudah porak poranda akibat eks pertambangan pasir timah,untuk itu, kalau tidak dikelola dengan baik, kedepannya maka lingkungan Provinsi Bangka Belitung akan semangkin bertambah hancur.

Berbekal informasi masyarakat tentang adanya aktivitas penambangan sistim rajuk yang merambah kawasan hutan lindung pantai(HLP)pada aliran sungai Dukong maka tim Polsek Kota Tanjungpandan yang dipimpin langsung oleh kapolsek Kompol Sony Bhakti Wibowo berhasil menertibkan aktivitas penambangan tersebut

Tidak tanggung tanggung sebanyak empat ponton TI rajuk berikut 4 unit mesin serta tiga orang tersangka masing masing berinisial SN,SW,dan GL berhasil diamankan Kompol Sonny Bhakti ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan menindaklanjuti perintah Kapolri dengan berbekal laporan masyarakat maka kegiatan Tambang tanpa izin diwilayah sungai Dukong berhasil kita amankan "Dari hasil razia yang kami lakukan telah diamankan tiga (3) orang tersangka berserta alat bukti berupa mesin TI di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yakni Dikawasan sungai Dukong,"ungkap Kompol Sony Bhakti Wibowo (28/5/2014).

Menurut Sony ketiga tersangka akan diperiksa guna mengetahui siapa-siapa pelaku lainnya yang melakukan penambangan di daerah terlarang.

Mereka lanjut Sony ketiga tersangka merupakan pekerja. Makanya kita akan melakukan pemeriksaan dari ketiga pekerja tersebut.

"Kami akan periksa ketiga tersangka. Karena mereka ini hanyalah sebagai pekerja,"papar Kapolsek.

Lebih lanjut ia katakan mengenai dugaan adanya oknum aparat yang membekengi TI Rajuk tersebut, pihak polsek belum menemukan adanya indikasi tersebut.

"Kami belum menemukan indikasi keterlibatan oknum aparat yang membekingi TI Rajuk di Sungai Dukong,"tegas Sony.

Ia menambahkan kami menghimbau kepada seluruh masyarakat jangan melakukan pertambangan didaerah terlarang, membuka tambang tidak ada izinya,"harapnya.

Lebih jauh ia katakan sesuai instruksi pimpinan bahwa pertambangan timah yang tidak mengantongi izin dan melakukan pertambangan di kawasan terlarang harus ditindak tegas. Dan ketiga pelaku akan dijerat dengan undang-undang Minerba dan Undang-Undang Kehutanan,"katanya

(Hermansyah Idris)

Belitungku.com Portal Informasi Pulau Belitung Terkini
Sumber: Sinar Pagi News

Post a Comment Blogger

 
Top