0

MANGGAR - Pemerintah Kabupaten Belitung-Timur (Beltim) dan Pemerintah Kota Dongxing China, melakukan kerjasama tentang kota persahabatan. Dua daerah tersebut mewakili dua negara guna meningkatkan persahabatan, memperkuat dan mengembangkan kerjasama.

Nota kesepahaman tersebut dilakukan saat kunjungan kerja Walikota Dongxing China Mr. Zhou Gang dan rombongan ke Kantor Bupati Belitung Timur, Kamis (15/5) lalu yang diterima langsung Bupati Beltim Basuri T Purnama.

"Saya berharap pertemuan kali ini dapat berlanjut dengan investasi-investasi dan kerjasama yang nyata di bidang bisnis sehingga Belitung-Timur dapat lebih berkembang, maju dan masyarakat Beltim sejahtera. Tentunya proses ini dapat segera terealisasi setelah kita menerima surat kerjasama dari pemerintah Indonesia,"ungkap Basuri yang didampingi jajaran Forkopimda dan jajaran di lingkungan Pemkab Beltim.
Mr. Zhou Gang mengungkapkan, kedatangannya ke Belitung Timur dimaksudkan untuk menjalin hubungan kerjasama untuk memperteguh dan mempererat kedua wilayah.

"Kedatangan kami dimaksudkan agar kerjasama yang dilakukan dapat lebih cepat untuk saling membangun daerah, apalagi antara Kota Dongxing dan Belitung Timur  banyak kesamaan dari mengembangkan wilayah di sektor pariwisata dan perdagangan termasuk dari segi wilayah yang sama-sama di ujung dan dekat dengan laut. Kami berharap kerjasama ini dapat mewujudkan Belitung Timur yang lebih maju dan cantik lagi,"kata Zhou Gang yang diterjemahkan oleh penterjemah bahasa Mandarin, Mrs.Tjap Mukhun.
Dalam pertemuan tersebut Basuri memaparkan terkait potensi-potensi di berbagai bidang mulai dari bidang pariwisata, pertanian dan lain-lain. Atas pemaparan tersebut, Walikota Dongxing sangat antusias bekerjasama di bidang pariwisata, pertambangan dan perdagangan. 

"Kami menyambut baik kerjasama ini karena banyak yang dapat kita lakukan satu demi satu. Oleh karena itu, tugas kami sebagai jendela Negara adalah untuk membuka kerjasama dengan Negara tetangga mengenai pertukaran informasi, saling menguntungkan dalam mengembangkan daerah dan sama-sama saling belajar. Banyak yang dapat kita lakukan untuk saling bekerjasama sehingga belitung timur bisa menjadi jendela langsung ke Kota Dongxing China, seperti pariwisata, perdagangan dan pertambangan,” kata Zhou Gang yang datang bersama rombongannya.

Dalam pertemuan dan kerjasama tersebut, Walikota Dongxing memberikan bingkisan berupa plakat lambang kota Dongxing, buku profil dan rajutan ciri khas masyarakat Dongxing. Sedangkan Basuri memberikan plakat, batu satam, buku pariwisata, kopi dan batik.

Usai pertemuan tersebut, Walikota Dongxing, Bupati Belitung Timur dan rombongan mengunjungi daerah wisata Pantai Burung Mandi Damar dan langsung melanjutkan perjalanan ke bandara untuk pulang menuju China. Sehari sebelumnya walikota Dongxing dan rombongan tiba di Kabupaten Belitung Timur, Rabu (14/5), sore dan menginap di salah satu hotel di Kota Manggar. Malamnya di gedung Auditorium Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab Beltim dilakukan ramah tamah untuk menjalin silahturahmi.(msi) 


Belitungku.com Portal Informasi Pulau Belitung Terkini
Sumber: Radarbangka

Post a Comment Blogger

 
Top