0



Kabar sangat mengembirakan bagi masyarakat Belitung, dalam waktu dekat akan berdiri sebuah hotel berbitang 3 plus. Wisma Bougenville Belitung segera disulap menjadi Belitung Haritage Hotel. Dalam rapat koordinasi antara jajaran terkait dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan BUMD yang akan bekerja sama dengan investor dalam membangun penginapan yang nyaman dan asri. Melalui aset pemprov yaitu Wisma Bogenville yang akan dibenahi kembali melalui penyertaan modal ke dalam BUMD Bangka Belitung

Gubernur Eko bercerita bahwa, pada tahun 2009 Bangka Belitung melauncingkan VISIT BABEL ACHIPELAGO 2010 dengan implementasi kunjungan pariwisata sejak tahun 2010 dan mengadakan SAIL WAKATOBI BELITUNG yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat.  Bangka Belitung telah menfockuskan Belitung sebagai icon tempat kunjungan wisata, namun bukan berarti daerah lain tidak dikembangkan secara serius. Bali dengan fokus wisata saat ini sedang dalam pembangunan jembatan yang sangat prestise yang akan dipakai dalam acara APEC di Bali. Untuk itu pemerintah provinsi harus bisa membangun kerjasama pembangunan dengan dana pemerintah pusat. Saat ini Belitung sebagai fokus pariwisata, percepatan dapat dilakukan dengan melakukan pembangunan hotel-hotel pada tempat wisata di Belitung. Dalam hal ini pemerintah provinsi berkeinginan melakukan pembangunan hotel berbintang melalui aset Wisma Bogenville melalui BUMD PT. Bangka Belitung Serumpun Sebalai Sejahtera dengan menggandeng pihak investor yaitu PT. Nipindo Indah Jakarta. Wisma Bogenville merupakan situs bersejarah dalam perkembangan timah di Bangka Belitung sejak jaman kerajaan nusantara. Dengan luas bangunan 1.000 meter persegi dan luas lahan 8.000 merupakan aset yang sangat penting. Pembangunan yang akan dilakukan tidak akan merusak bangunan lama. Keberadaan bentuk dan tatanan akan disesuaikan dengan lingkungan sekitar dan situs bangunan wisma bogenville saat ini

Wakil Gubernur sebagai moderator dalam rapat ini bahwa Belitung sebaga iicon pariwisata harus didukung, salah satunya dengan pembangunan hotel. Untuk mempercepat pemerintah provinsi menyerahkan wisma bogenville untuk dikembangkan menjadi icon pariwisata di Belitung.

Demikian terungkap dalam rapat Build On Transfer antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dangan Badan Usaha Milik Daerah PT Bangka Belitung Bumi Sejahtera (B3S), yang dihadiri langsung Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr. Ir. H. Eko Maulana Ali, MSc, M.Si, Wakil Gubernur H. Rustam Effendi, BSc, Direktur Utama PT. B3S Ir. Makmud Tjen, Pimpinan DPRD Provinsi Didit Srigusjaya dan Ernawan Rebuin serta sejumlah pejabat dilingkungan PemProv Babel, bertempat di Ruang Pertemuan Gubenur Babel, Rabu (17/4).

 Agung Haryo Handoko menjelaskan,” bahwa pembangunan hotel pada kawasan pesisir tanjung pendam akan menobatkan hotel tersebut menjadi hotel bintang tiga plus. Hotel yang direncanakan bernama Belitung Hiratge Hotel akan memiliki tujuh lantai dengan desain unik. Jumlah kamar sebanyak 150 buah, ballroom yang dapat menampung 1.500 orang, dengan banyak ruang pertemuan besar, sedang dan kecil akan menjadikan icon baru bagi pemerintah Provinsi Kepulauan bangka Belitung.”

 Pembangunan hotel ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk mempercepat perkembangan pariwisata Bangka Belitung khususnya di pulau Belitung yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai daerah tujuan wisata nasional ke-3 di Indonesia setelah Bali dan Lombok. Pengerjaan pembangunan Belitung Haritage Hotel akan dilakukan PT B3S dengan menggandeng PT. Nivindo Indah Perkasa Jakarta.Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Sarju juga menambahkan,” Proses administrasi harus lengkap dan jelas sebelum melangkah lebih lanjut. Karena ada beberapa proses yang harus berjalan jika dilakukan dengan hibah

Dalam tanggapan dari Didit menyatakan bahwa pembangunan yang akan dilakukan hendaknya harus sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku. Apakah akan dilakukan proses hibah kepada BUMD atau dalam bentuk penyertaan modal. Semua itu harus ada komunikasi politik dengan proses panitia khusus maupun menerbitan peraturan daerah.

Gubernur Eko Maulana Ali mengatakan Pemprov mendukung ide yang disampaikan direktur utama PT B3S untuk mengelola dan membangun Wisma Bougenvile untuk dikembangkan menjadi hotel dengan konsekswensi tidak merubah struktur bangunan bersejarah yang sudah ada.Dengan begitu, keberadaan hotel ini juga diharapkan menjadi icon pariwisata sejarah pertimahan Bangka Belitung sekaligus akan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat terutama di Kabupaten Belitung.

Pada kesempatan itu, Gubernur Eko meminta kepada jajaran SKPD terkait untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan rencana pembangunan Belitung Haritge Hotel terutama menyangkut sisi administrasi dan kajian hukumnya.


Menurut Eko, pada prinsipnya Pemprov memang sudah lama berkeinginan membangun fasilitas perhotel tapi rasanya tidak mungkin, namun karena ada yang menawarkan untuk membangun ini disetujui saja. “Pembangunan ini saya rasa tidak ada yang tidak setuju. DPRD juga sudah setuju. Pihak yang ingin membangun sudah siap. Jadi secepatnya melakukan kajian dari sisi hukum, administrasi, komunikasi politik dan lainnya,” pungkas Eko.


Sumber: 
Diskominfo

Post a Comment Blogger

 
Top