0

Manggar (28/2). Seremoni Louncing Pengalihan pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB P2) menjadi pajak daerah di Kabupaten Belitung Timur secara resmi di luncurkan kamis 28 februari 2013 yang ditandai oleh pemukulan goong oleh Wakil Bupati Belitung Timur.

Acara yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Vega Cafe di hadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Kepala KPP Pratama Tanjung Pandan, Bapak Mustofa Dan Bapak Harianto Tarigan, Anggota DPRD Beltim Tom Haryono, Assisten II Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Ali Imon, Staf Ahli Bupati Drs. Gunawati, Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Manggar, SKPD di lingkup Pemda kab Beltim, Kepala DPPKAD Peris Nainggolan, SE, Camat se Kab. Beltim, Kades se Kab. Beltim dan Undangan pengalihan pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB P2).


Ketua Panitia Pelaksanaan Louncing Pengalihan pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB P2) kabupaten Belitung Timur Kabid pendapatan pada Dinas Pendapatan, Pengolahan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belitung Timur Haryanto mengatakan maksud dan tujuan kegiatan Louncing Pengalihan pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan (PBB P2) ini adalah sebagai penanda sejarah dan momentum historis peralihan PBB-P2 dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah Kabupaten Belitung Timur.

“dengan diadakannya launcing ini diharapkan bahwa informasi mengenai pengalihan PBB-P2 dari Pemerintahan Pusat dapat disebarluaskan ke seluruh lapisan masyarakat melalui pemangku kepentingan” ujar haryanto.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Mustofa mengatakan Saya ingin mengucapkan ucapan selamat karena Belitung Timur termasuk salah satu yang belum banyak yang bersedia menerima penyerahan PBB P2 ini.

“untuk tahun 2013 ini Sumatera Selatan dan Bangka Belitung baru tiga Kabupaten yang menerima penyerahan di tahun 2013 ini, jadi masih banyak yang belum, dengan diserahkan PBB P2 ke kabupaten kota bearti kesempatan bagi bapak ibu semua di dalam pengurusan PBB cukup ada di tanjung pandan” Ujar Mustofa.

Wakil Bupati Belitung Timur Zarkani dalam sambutannya mengatakan launcing ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam rangka pelaksanaan pengalihan PBB P2 di Kabupaten Beltim yang telah kita mulai pelaksanaannya. pada waktu awal peralihan kita semua berharap dengan persiapan yang baik dan matang, pelaksanaan pengalihan PBB P2 di Kabupaten Belitung Timur dapat berjalan dengan baik. indikatornya tentu saja terletak pada kemampuan kita untuk mendorong dan memastikan besaran potensi PBB P2 menjadi realisasi yang akan semakin meningkatkan penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Belitung Timur dan harapan itu pada hari ini telah terpenuhi oleh sebab itu ucapan syukur serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dan berkenan atas pelimpahan PBB P2 yag dikelolah langung oleh pemerintah daerah kab beltim.

“ada begitu banyak tantangan dalam implementasi PBB-P2 sebagai pajak daerah di Kabupaten Belitung Timur hal itu terutama dikaitkan dengan banyaknya jumlah objek pajak PBB P2 yang mencapai ribuan objek pajak, jumlah objek pajak yang besar ini memang telah menjadi salah satu potensi permasalahan, baik dari sisi administrasi pengelolaan maupun pemungutannya” ujar Zarkani.

Beliau juaga mengatakan tantangan lainnya adalah kebijakan moratorium pegawai dari pemerintah pusat yang sedikit banyak akan menyulitkan penyikapan dan perencanaan terkait kebutuhan SDM maupun besaran organisasi juga yang tidak kalah peliknya adalah adanya perbedaan yang signifikan terkait alokasi kompensasi dari pemungutan PBB bagi aparat wilayah ketika PBB sebagai pajak pusat dan PBB sebagai pajak daerah.

“saya minta untuk terus melakukan komunikasi dan kerjasama dengan para pihak terkait seperti Kantor Pelayanan Pajak, Perbankan, Badan Pertanahan Nasional, dan notaris/pejabat pembuat akta tanah, mudah-mudahan dengan sangat matangnya perencanaan yang telah kita lakukan akan memastikan PBB-P2 menjadi pajak daerah di Kabupaten Belitung Timur nantinya dapat berjalan dengan lancar dan professional, transparan serta tepat sasaran” Ujar Zarkani. (Vie)

humas.belitungtimurkab.go.id

Post a Comment Blogger

 
Top