0

BELITUNG TIMUR,  Ribuan masarakat berkumpul di muara Sungai Mirang, Manggar, Belitung Timur (Beltim), untuk menyaksikan mancing buaya oleh pawang buaya. Sebelum pemancingan, tetua adat dan sejumlah dukun kampung serta pejabat daerah, bahkan Wakil Bupati Beltim, ikut menyaksikan ritual selamatan dilokasi pemancingan.

Nampak ada sebuah mangkok putih yang berisi beberapa telur ayam kampung dan satu ekor ayam kampung dihadapan para dukun serta tetua adat untuk dibacakan doa dan mantra-mantra yang dipimpin oleh tetua adat. Seusai melakukan doa bersama, salah satu pawang berjabat tangan, 
sepertinya memberikan mandat kepada salah seorang diantara beberapa pawang untuk melakukan pemancingan.



Sejumlah warga mengatakan, buaya tersebut sudah sering menggangu dan menggigit warga yang sedang beraktifitas sepeti mukat, nyungkur, mancing ikan di muara Sungai Manggar, namun tidak terjadi korban jiwa.

Hingga sore tadi, 08 Maret 2013, ritual masih terus berlangsung, sementara itu masyarakat masih terus berdatangan untuk menyaksikan penangkapan buaya. Pihak keamanan dari Sapol PP, Polres Beltim dan Tagana-punikut berjaga-jaga. 


(Helmi MF)/Beritanda
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

Post a Comment Blogger

 
Top